Selasa, 27 November 2012

Cerita Tentang Pensil

Awalnya Stylus
Dizaman Romawi Kuno,para pemuka agama menulis pada papirus dengan menggunakan Stylus.Papirus adalah cikal bakal kertas.Terbuat dari tanaman sejenis alang alang yang disebut papirus.Stylus adalah batang logam dan timah yang tipis.Ketika digoreskan di papirus,Stylus meninggalkan bekas coretan yang tipis tetapi masih dapat dibaca.


Sekarang Pensil
Dari Stylus berkembang menjadi pensil.Ceritanya ,pada tahun 1564 di Borrowdale,Inggris ditemukan tambang grafit yang cukup besar.Penduduk setempat menggunakan untuk menandai hewan ternak mereka.Coretannya sangat jelas.Sayang Grafit itu lembut dan rapuh,sehingga menyulitkan pemegangnya.
Nah,supaya mudah digunakan .batang grafit itu lalu dililit tali,Ada juga yang dijepit kayu ,setahun kemudian pada tahun 1565 grafit itu dimasukkan ke kayu yang sudah berlubang sebelumnya.

Tebal dan Tipis
Untuk mengisi soal soal ujian yang di periksa dengan komputer,Kita disuruh menggunakan pensil 2B.Apa,ya,pensil 2B itu?
Begini kalian mungkin pernah  menulis menggunakan pensil yang keras dengan hasil goresan tebal.
Huruf "H" kependekan dari kata "Hard".Artinya keras.Semakin besar angka di depah "H",maka semakin keras isi pensil itu dan semakin tipis hasil goresan tersebut.Nah,tebal tipis dan kasar daan empuknya pensil itu ada ukurannya.Ukuran ini bisa kita lihat disalah satu sisi di ujung pensil.Salah satunya ukurannya 2B.O iya,kalau pensil tidak memiliki tanda berarti ukurannya HB.
Huruf  "B" kependekan dari "Black".Artinya hitam.Semakin besar angka di depan huruf "B" semakin hitam dan goresan yang dihasilkan.

Fakta Menarik Tentang Pensil
1.Kata pensil berasal dari kata latin Pencillus yang berarti ekor,mungkin karena bentuknya panjang dan bulat
2.Pensil yang digoreskan akan meninggalkan bekas,karena butiran butiran grafit garit tersebut menempel pada benda yang berserat Dll.


















 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews